Mengkonsumsi ikan lele sangat banyak manfaatnya seperti dalam 100 gram ikan lele mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Tiap ekornya juga mengandung protein berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram yang berguna untuk membangun otot tanpa lemak serta meningkatkan kekebalan tubuh. Ada juga kadar vitamin B-12 yang sangat tinggi yang di rekomendasikan untuk dikonsumsi tiap hari sebagai 40 % asupan vitamin B-12. Rutin makan ikan lele dengan wajar merupakan cara mudah untuk meningkatkan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh karena daging ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg omega-6.

Tubuh kita membutuhkan kandungan omega untuk pembentukan sel dan mencegah berbagai penyakit dalam tubuh. Asam lemak ini tidak dapat dibuat secara alami dalam tubuh, melainkan didapat dari asupan makanan yang kaya omega-3 dan omega-6. Kedua nutrisi ini berperan penting untuk kesahatan jantung, mengurangi peradangan, mengurangi risiko osteoporosis, kanker, gejala asma, dan mencegah demensia di usia lanjut.

Selain aspek pencegahan, omega-3 juga merangsang pertumbuhan rambut dan kulit, perkembangan otak, saraf dan penglihatan, karena itulah omega-3 sangat baik untuk bayi dan ibu hamil. Dengan banyaknya manfaat dari ikan lele, Orijinal Online membangun peternakan ikan dari lahan pekarangan rumah yang tidak produktif. Dengan luas lahan sekitar 24 M2 yang dimanfaatkan sebagai workshop untuk mempelajari serta memahami semua hal terkait dengan budi daya ikan. Belajar tentang jenis-jenis kolam yang cocok untuk budi daya ikan, memahami proses pembesaran ikan lele dan mengolah hasil panen menjadi suatu produk yang bermanfaat untuk banyak orang.

Hasil panen ikan lele kemudian diolah menjadi berbagai pilihan produk olahan sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar lebih mudah dalam menyajikan masakan. Proses pembuatan produk olahan sebagai berikut:

1. Membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada tubuh ikan baik dibagian luar maupun bagian dalam perut ikan, termasuk memotong kepala dan siripnya.
2. Menyayat bagian samping ikan lele agar bumbu bisa meresap ke dalam daging.
3. Merendam lele untuk menghilangkan aroma amis ikan ke dalam rendaman air campur garam dan jeruk nipis.
4. Untuk membuat produk Lele Bumbu Kuning, lele dicampur dengan olahan bumbu-bumbu yang kemudian di vacuum lalu di bekukan dalam Freezer.
5. Untuk membuat produk Lele Fillet, dipilih ukuran ikan yang lebih besar lalu disayat bagian samping agar bisa membuang tulangnya.
lele-fille
panen-lele
bumbu-kuning

Banyak produk olahan yang bisa dihasilkan dari ikan lele seperti membuat nugget, abon, dan berbagai kreasi lainnya. Hanya saja saat ini Orijinal Online masih fokus untuk 3 produk saja yaitu Lele Bumbu Kuning, Lele Tanpa Bumbu, dan Lele Fillet agar mendapatkan kualitas dan kuantitas yang lebih baik lagi.

Kunjungi Toko Online kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai produk yang dijual dan pemesanan, seperti daging sapi, ikan & seafood, ayam, dan berbagai olahan bahan makananan beku (Frozen Food).